Apa Sih Kesmas Itu??

Apa Sih Kesmas Itu??


Assalamua’laikum...
Alhamdulillah akhirnya punya blog sendiri juga hoho. Mungkin nantinya blog ini bakal random banget isinya. Semau dan semood gue mau isi apa ini blog.
Pertama-tama yang bakal gue share tentang jurusan kuliah yang gue ambil. Kenapa harus di share? Karena waktu awal gue milih jurusan kuliah, gue masih kesulitan menemukan penjelasan tentang jurusan yang mau gue ambil. Entah karena gue yang mageran atau gue yang gak kreatif utak-atik keyword jurusan gue, yang jelas saat itu gue gak menemukan penjelasan mengenai jurusan kuliah gue.
Anyway dari tadi ngomongin jurusan, pasti penasaran kan gue kuliah jurusan apa?? *kayak bakal ada yang baca aja wi* Jadi saat ini gue sedang kuliah tingkat akhir jurusan Kesehatan Masyarakat di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Awalnya gue kepingin banget kuliah di akademi kimia analisis (AKA) Bogor, namun Allah masih belum rela gue jauh dari mama jadi saat seleksi rapor dan tes tertulis gue belum lulus. Kemudian gue kepingin kuliah di jurusan farmasi, saat itu kiblat farmasi gue di Universitas Pancasila yang menurut orang disekitar gue farmasi di UP itu paling bagus diantara farmasi universitas swasta lainnya. Tapi sangat disayangkan, saat itu mama belum setuju untuk kuliah disana dan masih menginginkan salah satu anaknya kuliah di universitas negeri.
Singkat cerita, pilihan gue jatuh pada jurusan kesehatan masyarakat UIN Jakarta. Alih-alih takut tidak keterima di Universitas Negeri saat tahun pertama lulus kuliah, gue memutuskan untuk tidak memilih UI pada saat SNMPTN. Dan saat itu gue masih teramat sangat buta mengenai jurusan yang gue pilih. Alhamdulillah akhirnya tembus SNMPTN di jurusan Kesehatan Masyarakat UIN Jakarta.
Saat ikut grup-grup beasiswa maupun “kuliah online” yang isinya bukan hanya mereka yang sudah kuliah saja, namun ada juga beberapa diantara mereka yang masih sekolah. Ada beberapa dari mereka yang tertarik kuliah dijurusan kesehatan masyarakat namun masih awam dengan perkuliahan maupun peluang bekerja seperti apa. Langsung aja yuk! Ini copy-an message gue mengenai kuliah di jurusan kesehatan masyarakat.
OPAK (Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan) Kesmas UIN 2013.
Dok. Pribadi

Her : “Assalamualaikum ka anisa J aku dari grup Schotal* Kalsel. Ka anisa jurusan kesmas ya? Aku boleh konsul gak hehe”
Me : “Waalaikum salam. Iya cantik aku dari kesmas
Her : “Akukan masih kelas 3 ya kak, aku ada niat mau ambil jurusan kesmas. Kesmas itu dalam kuliah yg kka jalanin sekarang menurut kk gimana? Passion kaka banget gak? Cita cita ka anisa dikesmas nanti lulus mau kerja dimana aja ka bidang kesmas itu? Hehe maaf banget nih ka ganggu bgt aku ya –v”
Me : “ Aku nanya dulu deh, km kenapa mau ke kesmas? Knp tertarik sm kesmas?”
Her : “Aku kan ank eksak tapi gak terlalu suka di eksak bgt kaya jurusan mtk, fisika. Nah aku tuh suka yg terjun ke masyarakat tapi msh di lingkup IPA. Klo dokter gak minat, perawat jg gak. Mikirnya ke kesmas apa gak gizi ka.”
Me : “ Pas km denger “kesmas”, apa sih yg ada di fikiran km? Nanti kerjanya bakal jd apa?
Her : “ Masih kurang tau kaa. Yg aku tau didalamnya ada K3 dan kerjanya bnyk di perusahaan PT. Ada yg bilang jg bisa di puskesmas. Masih rada awam ka-_-“
Me : “ Menurut km K3 itu apa? Awal tau K3 itu dr mana? Sebelum km tau kalo K3 itu ada di kesmas
Her : “ Dari sodara aku ka, keselamatan kerja. Dibagian safety klo di perusahaan perusahaan gitu. Menurut ka anisa yg skrg ngejalanin kesmas gmna ka, kaka ambil apa nanti?
Me : “ Wkwk sabar cantik, aku mau tau dl km knp mau ambil kesmas. Km tingal dmn? Dan km mau ambil kesmas dmn?”
Her : “ Aku tinggal di bekasi ka. Hehe okedeh. Aku lg berusaha dpet di snmptn yg pake raport, kesmas yg kuota nya besar ada di Undip ka. Mungkin aku bakal ambil kesmas di Undip. Klo UI takut ketinggian susah masuknya-_-“
Me : “Kesmas itu multidisiplin banget de, km bisa belajar filsafat, psikologi, ekonomi kesehatan, mikrobiologi, penyakit akibat kerja, bahkan kalo km nanti masuk kesling km bisa bedah nyamuk. Diblg passion aku iya, dibilang ngga ya iya juga. Knp ngga karena aku kurang aktif di organisasi jd ngembangin soft skill di bidang kesmasnya masih kurang banget, di blg iya karena emg dr awal aku mau yg berbau kesehatan.
“Kesmas nantinya setelah lulus gak melulu harus kerja di puskesmas, kalaupun kita kerja di puskesmas posisi kita sbg kepala puskesmas. Ya memang seharusnya seluruh puskesmas di Indo ini dipimpin oleh seorang SKM bukan bidan, dokter, ataupun suster karena mereka ngga diajarkan memanajemen suatu masalah. Matkul semester 1 yg diajarkan setiap kampus beda-beda. Contohnya di jkt,kesmas UIN sm kesmas UMJ atau kesmas UHAMKA mereka mengulang pelajaran biologi, kimia, fisika, mtk *mungkin karena mereka swasta jd kemungkinan mahasiswa dr ipsnya gede*
“Tp kalo di UIN pelajaran semester pertama ya lgsg menjurus ke ilmu kesmasnya, belajar ttg pengantar kesmas, filsafat, etika dan hukum kesehatan, anatomi tubuh manusia sm OMPE *semacem manajemen organisasi gt*. Nah masuk semester 2 udah mulai ada praktikum.
“Kesmas itukan nantinya ada peminatan, nah setiap kampus kapan mulai peminatannya beda-beda. Kalo di UIN itu mulai semester 4. Positifnya peminatan semester 4 itu km belajar udh fokus ke arah mana dan ngga berantakan matkulnya, sedangkan negatifnya km gak bisa mempelajari matkul di peminatan lain meskipun kita punya matkul pilihan. Karna kesmas UMJ peminatan baru dimulai dari semester 7 jadi mereka semester 4 masih belajar semua peminatan *itu salah satu kelebihannya*. Ohya kalo udh fokus peminatan biasanya ada field trip gt tentang salah satu matkul yg km pelajari, kalo blm peminatan setau aku ngga ada field tripnya.
“Peminatannya itu ada 8: kesling, gizi, K3, promosi kesehatan, epidemiologi, manajemen pelayanan kesehatan tp ada beberapa kampus yg peminatannya administrasi kebijakan kesehatan, biostatistika, kesehatan reproduksi, apasih yang dipelajari ketika udah peminatan?
“1. Kesehatan lingkungan. Ini peminatan aku. Kesling itu pecahan dr K3L. Dulunya kesling sm K3 itu jd 1 karna yang dijelasin gak jauh berbeda dan didunia pekerjaan jg masih banyak perusahaan yg menyatukan K3 sm kesling *HSE (health safety environmental)* Cuma bedanya kalo kesling itu kelingkungannya kalo K3 lebih ke pekerjanya. Di kesling km bisa belajar analisis kualitas lingkungan, manajemen lingkungan, segala pencemaran, wirausaha, toksikologi, vector dr nyamuk smp tikus, dll. Nah itu semua setelah km lulus bisa kemana aja, contoh km bisa jd petugas HSE, bisa jd konsultan penyusunan dokumen AMDAL *analisis mengenai dampak lingkungan*, peneliti di balitbangkes, pemerhati lingkungan, bahkan bisa kerja jg di bencana alam karna saat bencana alam org kesehatan lingkungan sangat berperan dalam mengambil keputusan terutama mengenai sanitasi lingkungan.
“2. Gizi. Di gizi km belajar hamper sama dengan gizi S1 tp bedanya km dalam ranah masyarakat. Belajar menu diet, diet khusus, asupan yang dibutuhkan utk bayi bumil manula di wilayah tertentu, memprediksikan apakah balita di wilayah X mengalami stunting atau busung lapar. Km bisa kerja dimana aja, terutama di perusahaan karna perhitungan kadar gizi dibuat bukan utk perorangan tp dlm skala masyarakat. Di kampus aku, peminatan ini sering turun lapangan kyk ke TK, catering, posyandu, posbindu, panti-panti, sekolah SD SMP SMA. Jd mereka cukup kritis dan dibiasakan berhadapan dengan proposal-proposal penelitian, kyk di gembleng gt mereka. Trus di kampus aku gizi kuliahnya udh pake sitem block, 1 matkul bbrp hari jd lebih fokus belajarnya. Dan yg pasti, jurusan gizi gak jauh dr urusan masak-memasak.
“3. K3. Kalo di K3 mereka belajar lebih ke para pekerjanya. Bagaimana menghitung kebisingan, getaran, pencahayaan, kedisiplinan pekerja thd pekerjaan yg dilakukan. Memprediksi dan mencegah adanya kecelakaan kerja. Jadi istilahnya org K3 ini nantinya akan jd “wasit”nya para pekerja. Nah pasti km udah tau banyak dong ya ttg K3 dr sodara km itu. Kesling sm K3 itu passionnya orang-orang yang gak suka kerj didalam ruangan. Orang-orang yang sukanya explore, explore sikap dan sifat manusia supaya gak jd musuh para pekerja.
“4. Promosi kesehatan. Di promkes ini mereka yang jiwa sosialnya tinggi, karena mereka dituntut sebisa mungkin merubah perilaku manusia dr tau mau dan mampu menjadi orang yang lebih sadar sm kesehatan dirinya dan lingkungan. Tapi kalo km punya jiwa seni yang tinggi km cocok disini karena di promkes itu dibutuhkan inovasi dalam mengajak masyarakat utk sadar sm kesehatannya melalui sebuah media. Waktu aku semester 3 ada matkul KIE, itu kami disuruh membuat media utk syiar ke masyarakat atau penyuluhan. Dan senior aku saat magang ada yang sampe ke wilayah kumuh buat syiar buat PHBS. Pokonya ini cocok buat orang-orang yg jiwa sosialnya tinggi.
“5. Epidemiologi. Nah ini kalo kata dosen aku jantungnya kesmas, kalo gak ada ini kesmas gak ada artinya. Ini juga bisa di bilang “dokternya” kesmas di masyarakat. Karna epidemiologi ini yang paham seluk beluk mengenai penyakit dan penatalaksanaannya. Kalo km KEPO tentang kesmas trus pernah denger kata-kata proporsi, distribusi gitu-gitu itu seorang epidemiologi. Dan yang bisa menyatakan terjadinya wabah penyakit X ya orang epidemiologi ini. Di kampus aku, epid lebih banyak bedah jurnal.
“6. Manajemen pelayanan kesehatan. Poin ini lebih banyak buat mereka-mereka yang gak suka panas-panasan dilar. Mereka lebih suka duduk dan mengatur orang serta membuat kebijakan dan mengambil keputusan. Di peminatan ini lebih banyak mereka yang punya jiwa kepemimpinan karena MPK diajarkan dan dicetak utk menjadi seorang pemimpin. Makanya banyak mereka yang peminatan MPK bercita-cita punya RS sendiri. Matkulnya pun seputaran organisasi dan problem solving cycle. Intinya itu itu aja. Mereka kalo field trip lebih sering ke RS tapi mereka pernah ke instansi-instansi yang berkecimpung disaat bencana, mereka fokus di manajemen logistiknya kayak gimana.
“7. Biostatistika. Ini gudangnya mereka yang suka sama angka, yg suka duduk berlama-lama di depan komputer dan yang punya passion di dunia penelitian. Ya kebayanglah orang-orang statistika kyk gimana. Kalo km bisa mendalami dan mencintai peminatan ini sepenuh hati niscaya pundi-pundi rupiah tidak ada yang sia-sia. Soalnya sering dapet tawaran untuk menghitung dan menganalisis hasil penelitian. Ohya fokus yg lagi happening bgt di mereka itu analisis spasial dan biasanya kerjasama sm si jantungnya kesmas.
“8. Kesehatan reproduksi. Kalo yang ini aku belum paham banget gimana konsep belajarnya. Yang pasti adanya peminatan ini sebisa mungkin angka AKB dan AKI di Indonesia bisa menurun. Disini juga diajarin gimana hukumnya sunat perempuan. Bedanya di UIN sama kampus-kampus lain, dosen aku pake pendekatan agama. Dan seperti yang kita tau di wilayah pedalaman sana masih banyak yang mengunakan jasa dukun utk melahirkan yang biasanya resiko AKI dan AKBnya tinggi.
“Semoga globe km ttg kesmas udah tergambar sempurna ya de. Maaf kalo chat aku kyk orang bikin dongeng dan ngalahin Schotal* hehe
Her : “ya ampun bersyukur banget aku ka diterangin segitu detailnya J aku yang tadinya Cuma tau dasar-dasarnya dan aku penaaran makanya nanya kaka kyk gini. Itu udah jauh dari cukup ka bukan dongeng kok tp emang informasi penting semua. Pemaparan diatas udah lengkap banget ko ka J ka nisa yg bentar lg skripsi, semangat teruuuuss. Semoga dipermudah semuanya dampe wisuda sampe bisa dapet pekerjaan yang enak trs langsung lanjut S2nya J
           

            Alhamdulillah dongeng sebelum boboknya udah selesai. Semoga kalian semua yang baca penjelasan diatas terutama adek-adek gemay yang penasaran sm kesmas seperti apa sudah bisa tergambarkan meskipun sedikit. Dan semoga di Ade yang ngechat nanya kesmas yang namanya gak gue tau karna dia gak nyebutin wkwk bisa istiqomah masuk kesmas dan sukses perkuliahannya, Aamiin.
            Wassalamua’laikum Wr. Wb  




Nb: maaf jika ada beberapa pihak yang kurang setuju dengan opini saya diatas yuk didiskusikan, jangan main hujat tanpa ada titik terang penyelesaian J

Komentar

  1. Kak boleh tau nilai rata² raportnya berapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo, rapot yg mana nih?
      SMA atau kuliah?

      Hapus
  2. Ka aku mau masuk kesmas di uin, tapi gabisa:'(((. Karna aku lulusan smk kesehatan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Analisis SWOT Diri Sendiri

Camping di Bukit Alesano, Bogor

Melancong ke Nibbles Cafe