Contoh Analisis SWOT Diri Sendiri

Analisis SWOT dan Visi Misi Diri Sendiri


Jadi tanggal 09 Februari 2016 kemarin gue ngeliat ada open recruitment sebuah NGO non profit di web. Berhubung kegiatan organisasi gue kurang pake banget dan kertas CV gue masih sepi pengunjung, gue coba untuk apply. Saat mempelajari syarat-syarat yang harus dipenuhi ternyata diharuskan untuk analisis SWOT. Gak asing sih denger analisis SWOT, namun biasanya yang gue kerjakan menggunakan analisis SWOT itu sebuah acara, tapiiiiii saat ini yang harus dianalisis SWOT adalah diri gue sendiri! Ommooo gue bingung haha...

            Jadi alangkah baiknya gue jelasin dulu definisi analisis SWOT. Analisis SWOT merupakan cara untuk mengidentifikasi untuk mengetahui gambaran umum secara cepat mengenai situasi strategis perusahaan (Pearce John A & Robinson Richard B, 2008 dan Marimin, 2016). SWOT merupakan singkatan dari Strenght (Kekuatan), Weakness (Kekurangan), Opportunity (Peluang), dan Threat (Ancaman). Analisis ini tidak hanya digunakan bagi perusahaan saja namun juga bisa menganalisis diri sendiri. Fungsi analisis SWOT untuk diri sendiri yakni untuk mengetahui potensi dan kekurangan yang terdapat pada diri sendiri.

            Analisis ini dilakukan baik dari faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal berupa kelebihan dan kekurangan, sedangkan faktor eksternal berupa peluang dan ancaman. Adapun definisinya antara lain (Pearce John A & Robinson Richard B, 2008):
  1.  Strength (Kekuatan) merupakan kapabilitas yang ada pada diri sendiri dan terdapat sifat unggul yang bisa bersaing dengan lingkungan sekitar.
  2. Weakness (Kelemahan) merupakan keterbatasan atau kekurangan dalam kapabilitas diri, dan dapat menjadi sebuah hambatan untuk mengembangkan diri.
  3. Opportunity (Peluang) merupakan situasi yang menguntungkan.Threat (Ancaman) merupakan situasi yang tidak menguntungkan. Ancaman ini sebagai penghalang utama dalam mengembangkan diri.


Cukup cukup bahas teorinya, sekarang kita bahas analisis SWOT gue buat melengkapi persyaratan. Here we go!!


Strength

- Peka dan care
- Loyal
- Fleksibel
- Kemampuan berhitung yang cukup baik
- Mau belajar hal-hal yang baru
- Mampu berkomunikasi yang baik didepan umum
- Senang kegiatan luar ruangan
- Memiliki jiwa sosial yang baik
Weekness

- Kurang ahli saat menganalisis
- Kurang bisa membagi prioritas
- Jika sudah mengantuk tidak bisa bernalar
- Keras kepala
Opportunities

- Memiliki teman yang saling mengingatkan terhadap kebaikan dan ketaatan pada Allah SWT
- Mau berusaha
- Dukungan orang tua untuk mengembangkan diri
- Peluang untuk ikut berbagai organisasi
Treat

- Sering susah focus
- Masih ada sifat malas dan santai
- Kadang suka merasa tidak percaya diri


Sedangkan visi misi gue, yuk simak!


Visi: Menjadi ahli kesehatan masyarakat yang tangguh dan sholehah yang dapat mengubah definisi mengenai sehat dan sakit seseorang baik di dunia institusi maupun masyarakat hulu hingga hilir.


Misi:
- Menjadi seseorang yang bertaqwa kepada Allah SWT dan menjaga ibadah 5 waktu
- Mendahulukan nasihat orangtua dari pemecahan sebuah masalah
- Sungguh-sungguh dan tekun untuk mempelajari ilmu kesehatan masyarakat
- Memperluas jaringan pertemanan dan relasi
- Mengikuti kegiatan yang bertujuan untuk mempertajam soft skill
- Menyiapkan diri, rendah hati dan meneguhkan hati

Bismillah semoga bisa istiqomah sama yang udah disebutkan diatas, karena ada sebuah cita-cita yang mulai di pupuk dari hal-hal kecil diatas. Aamiin Aamiin






Referensi:
Pearce John A & Robinson Richard B. 2008. Manajemen Strategis Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat (Online) tersedia di https://books.google.co.id/books?id=GopP6S9Mt8QC&pg=PA200&dq=strength+pada+analisis+SWOT&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwiZgaXg3LfLAhUOco4KHYoEBZoQ6AEIGTAA#v=onepage&q=strength%20pada%20analisis%20SWOT&f=false diakses pada 11 Maret 2016

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Camping di Bukit Alesano, Bogor

Melancong ke Nibbles Cafe