Grojogan Sewu, Kulonprogo

Mlaku-Mlaku Nang Grojogan Sewu

Bulan Agustus merupakan bulan yang spesial bagi negara Indonesia. Bulan dimana Indonesia meraih kemerdekaannya dari jajahan negara komunis. Tanggal 21 Agustus 2016, Kabupaten Kulon Progo mengadakan sebuah perlombaan karnaval yang dilakukan di sepanjang jalan Wates. Berawal lapangan belakang MAN 1 Wates dan berakhir di Gedung Kesenian yang terletak di belakang terminal Wates. Acara karnaval dimulai sejak pukul 10 pagi namun waktu gue kesana, karnaval udah mulai! Btw udahan ah ngomong formalnya, aneh bgt bacanya wkwk

Jadi setelah kurang lebih 45 menit gue nonton karnaval, gue memutuskan untuk main ke air terjun Kedung Pedut. Berhubung sepanjang jalan Wates dipake buat karnaval alhasil banyak jalan umum yang not available dan harus ngendep-ngendep kalo mau jalan plus harus nyari jalan tembus di perkampungan kalau mau ngelanjutin perjalanan.

Pergi sendiri itu asik. Kalo gak tau jalan, nanya sm penduduk sekitar. Awalnya gue nge-GPS tapi karna gak bawa earphone yasudahlah apa boleh buat, mengandalkan penduduk sekitar sebagai penunjuk jalan. Dari lapngan belakang MAN 1 Wates lo bisa lurus terus (bukan lurus kearah lampu merah ya) sampe ketemu pertigaan kedua, pas di pertigaan kedua itu lo belok kiri. FYI, kalo bensin lo kira-kira gak cukup buat jalan sepanjang 20 km, lo bisa isi bensin dulu. Kalo mau isi bensin, lo jangan belok kiri. Lurus aja kira-kira 500 meter disitu ada pom bensin sebelah kiri.

Lanjut, dari belok kiri itu lo lurus terus sampe mentok pertigaan yang ada penunjuk jalan ke arah Sribit. Arah Sribit itu belok ke kiri, kalo gak ngeh sm penunjuk jalannya ada penunjuk arah yang nunjukkin ke Kedung Pedut. Lurus terus aja ikutin jalannya. Nanti pas udah masuk perbukitan menoreh lo bakal ketemu sebuah gardu pandang, tompak view namanya.

Gue agak menyesal karna ke tompak view pas jalan pulang soalnya pas gue kesana langitnya mendung jadi lembahnya pas di foto kurang bagus. Padahal pas berangkatnya matahari lg narsis-narsisnya huhu

Gak lama dari tompak view itu lo bakal ketemu sama pertigaan, kalo ke kanan itu ke arah Magelang dan Godean. Pas di pertigaan itu gue bingung, tujuan gue ke Kedung Pedut masih jauh apa ngga. Akhirnya ketemu sm 3 orang yang kayaknya lagi istirahat ditengah perjalanan mereka. Dan begonya pas gue nanya tujuan gue, gue lupa nama si Kedung Pedut ini! Alhasil gue main tebak-tebakana sm si mbak-mbaknya wkwkwk. Mereka bilang kalo Kedung Pedut itu setelah air terjun Kembang Soka, tapiiii yang gue temuin bukan plang yang menunjukkan air terjun Kembang Soka.

Gak jauh dari plang air terjun yang gue lupa namanya, di sebelah kiri ada plang air terjun Grojogan Sewu. Sempet kelewatan sih karna pas mau baca plangnya ada truk yang mau masuk ke gang yang ada plang Grojogan Sewunya. Untungnya ada anak kecil yang lagi jajan di warung deket gang itu, tanyalah dengan mereka air terjun Kedung Pedut dan sayangnya mereka gak tau air terjun Kedung Pedut itu dimana, sedih banget sediiiiiiiihhhhh :(

Oke dari pada gue pulang gak bawa apa-apa, saat itu gue pindah haluan ke Grojogan Sewu! Di plang arah Grojogan Sewu disitu dikasih tau kalo dr jalan raya ke Grojogan Sewu sekitar 2 km. Lumayan jauh, batin gue. Sampai satu titik ada persimpangan jalan yang kalo ke kanan jalanannya curam betul ditambah rusak pula. Sempet ragu, itu jalan yang salah atau ngga. Untung ada anak tanggung yang lewat dan nanya lah jalan menuju kebenaran ke Grojogan Sewu ke arah mana, dan lo tau dia jawab kalo Grojogan Sewu ke arah jalanan yang curam itu! Oh God, FYI yaa jalanannya itu rada horor, mana sepi! Horor bagi gue yg dari brojol di jakarta dengan segala hingar bingarnya.

Jalan yang rusak itu harus lo terlusurin sepanjang 1 km! Dan kalian harus tau sepanjang jalan itu Cuma gue dan hanya gue kendaraan yang ke arah Grojogan Sewu. Gue sempet berfikir kalo Grojogan Sewu itu tutup atau sepi jarang pengunjung dan itu cukup bikin gue ragu buat nerusin jalannya. Sepanjang perjalanan 1 km itu lo jangan khawatir nyasar karna ada plang yang nunjukin arah mana ke Grojogan Sewu. Jalan 1 km itu lumayan bikin pegel tangan kanan karna selain rusak jalannya naik dan turun.

Sampailah tujuan kita di air terjun Grojogan Sewu! Lama perjalanan dari lapangan belakang MAN 1 Wates ke Grojogan Sewu sekitar satu jam. Harga Tiket Masuk (HTM) ke Grojogan Sewu Cuma Rp. 3.000 saja dan juga biaya parkir motor yang kudu di bayar dimuka sebesar Rp. 2.000. Perjuangan menuju air terjun belum selesai sampai disitu! Lo harus menyusuri tangga cor-an dan juga tangga tanah. Gak terlalu lama kok, ya sekitar 5 menitlah. Disarankan kalo lo mau ke Grojogan Sewu jangan sekali-kali pakai flat shoes karna tangga tanahnya itu lumayan licin apalg kalo ujan. Gue yang pake sport shoes aja hampir kepleset apalg kalo cm pake flat shoes atau bahkan sendal jepit merk swallow pula. Tapi kalo kalian ke sana sama pasangan atau gebetan ya sah sah aja sih kalo mau pake flat shoes ataupun swallow, mayan lah ada alasan buat modus ke pasangan atau gebetan wkwkwkwkwk. Beginilah penampakan Grojogan Sewu, yuhuuuu~